Nadiem Dikritik Karena Berpakaian ‘Santai’ saat Pelantikan Rektor UI

Nadiem Dikritik Karena Berpakaian 'Santai' saat Pelantikan Rektor UI
Nadiem Dikritik Karena Berpakaian 'Santai' saat Pelantikan Rektor UI

urbantimes.id – Busana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim ketika menghadiri pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI) dikritik karena terlalu santai. Kemendikbud memberikan penjelasan perihal gaya sang menteri.

“Ya kritik ya terima kasih atas kritikannya tapi memang kan kita juga melihat pak menteri kan dalam konteks tidak…. Itu kan pelantikannya langsung oleh wali amanat. Jadi wali amanat dengan pakaian kebesarannya, guru besar dan segala macam,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud, Ade Erlangga, saat dihubungi, Jumat (6/12/2019).

Saat pelantikan tersebut, Nadiem memakai kemeja tenun dengan lengan baju digulung, serta menggunakan jeans dan sepatu loafers berbahan suede. Ade meminta semua pihak memaklumi gaya Sang Menteri Nadiem. Gaya kasual Nadiem itu juga, menurut Ade, kerap ditunjukannya saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jadi dengan style pak menteri seperti kita bisa harus dipahami bahwa bagaimanapun style itu tampakkan dengan presiden, presiden itu kan yang penting bahwa presiden itu bahwa terjadi lompatan-lompatan kemajuan, jadi esensinya lebih ke situ. Jadi persoalan-persoalan substantif harus kita kembangkan bagaimana itu bisa dibangun bersama-sama, soal style pakaian itu kan tidak masuk, pak menteri kan tidak masuk dalam seremonialnya,” ujar dia.

Ade menjelaskan Nadiem memang tidak masuk ke dalam bagian seremonial acara pelantikan Rektor UI. Saat itu, Nadiem hanya memberikan sambutan.

“Itu kan pak menteri tidak masuk dalam ritualnya tapi di luar itu pak menteri hanya memberikan sambutan, ritualnya tidak masuk di situ,” imbuh dia.

Menurut Ade, ada hal yang jauh lebih penting untuk dibicarakan daripada sekadar meributkan pakaian. Ade ingin semua pihak bersama-sama memajukan pendidikan Indonesia lebih baik.

“Artinya bagaimana pun soal style itu buat ke depan bagaimana kita harus bisa di dunia pendidikan kita bisa, itu-itu hal yang substansial perlu dikembangkan, substansial itu perlu upaya kita bersama untuk memajukan pendidikan, jadi persoalan yang remeh temeh dan tidak substantif saya kira itu dapat maklumi bersama,” ujarnya.

Kritik mengenai gaya Mendikbud saat pelantikan Rektor UI salah satunya muncul dari mantan Ketua DPR Marzuki Alie. Marzuki mengingatkan Nadiem untuk mencontoh Presiden Jokowi.

“Mas menteri @NadiemMakarim sebagai pejabat VVIP pada acara resmi protokoler, pelantikan rektor UI, pakai baju santai, sepatu tanpa kaos, di saat yang lain pakaian lengkap. Perlu mencontoh pres @jokowi yang bisa menyesuaikan dress codenya. Anda sekarang pejabat publik,” tulis Marzuki lewat Twitter @marzukialie_MA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here