Tips Sukses Diet Tanpa Nasi Tetap Sehat

Tips Sukses Diet Tanpa Nasi Tetap Sehat

urbantimes.id – Mendapatkan berat badan yang ideal bisa diperoleh melalui pola makan yang tepat. Untuk mendapatkan
bentuk badan yang diinginkan, juga harus memperhatikan masalah kesehatan.

Diet atau pola makan sehat ada beragam jenisnya, ada diet rendak lemak, diet gluten, sampai diet ala vegetarian. Sampai ada juga yang memutuskan diet tidak makan nasi. Lalu, apakah diet tanpa makan nasi diberbolehkan?

Pada 100 gram nasi putih terdapat kalori sebanyak 129 kal, karbohidrat 27,9 gram, lemak 0,28 gram dan protein 2,66 gram. Karena jumlah kalori yang tinggi membuat nasi putih sering dihindari, walaupun bebas gluten dan menyumbang energi dari karbohidrat yang paling banyak. Apalagi kamu imbangi dengan berolahraga.

Kemudian, apakah aman diet tidak makan nasi? Bagaimana cara supaya tubuh tidak menjadi lemas, namun tetap bertenaga, dan cukup kebutuhan nutrisi hariannya? Ikuti caranya berikut ini.

Ganti Nasi dengan Bahan Makanan lain

Orang Indonesia sudah terbiasa makan nasi, sehingga menjadi kebiasaan. Malah ada yang beranggapan belum makan nasi
namanya belum makan. Padahal, masih banyak makanan lain yang memberikan energi yang sama dengan nasi.

Contohnya, roti gandum, berat merah atau oatmeal. Mengonsumsi roti gandum pun mengenyangkan. Kamu bisa memadukannya dengan lauk pauk seperti ikan, telur atau daging panggang.

Buat Menu Harian

Sukses diet bukan tergantung pada banyak sedikit makanan yang kamu makan, namun seberapa konsisten dan disiplin Anda dalam melakukannya. Kedisiplinan akan berpengaruh pada keberhasilan diet Anda. Suatu saat kamu akan mengalami kebosanan jika tidak bisa makan makanan favorit kamu.

Sehingga, ada baiknya kamu membuat rancangan menu diet harian, seperti sarapan, makan siang dan malam. Rancangan dapat dibuat untuk seminggu, lalu lakukan mix atau kombinasi di menu
minggu berikutnya agar menu diet kamu tidak itu-itu saja.

Kurangi asupan gula

Makanan dan minuman manis memang enak rasanya, apalagi jika disajikan saat dingin. Tapi, tanpa disadari, gula menyumbang kalori yang sangat besar pada tubuh, walaupun mengkonsumsi dengan jumlah sedikit. Mulai sekarang, kurangi dan ganti konsumsi manis dengan air putih saja.

Hindari Ngemil

Tidak mengkonsumsi nasi putih membuat cepat lapat? Memang betul, karena kamu kehilangan banyak sumber energi terbesar yang membuat perut kenyang. Namun, bukan berarti kamu ngemil sembarangan. Diet tidak makan nasi akan mengurangi kalori tubuh, namun ngemil justru akan menumpuk kalori yang lebih besar dibandingkan makan nasi.

Berolahraga

Ini menjadi cara yang ampuh untuk dapat memaksimalkan diet Anda. Sempatkan berolahraga minimal 30 menit setiap harinya, maka kamu akan merasakan perubahannya.

Jika dibayangkan diet tanpa makan nasi berat namun ketika dijalani ternyata tidak demikian. Mungkin, Anda bisa bertanya ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut cara mensetting rencana diet kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here