Oleh : Nancy Kurniasari, S.Pd
Pada tahun 2019 telah teridentifikasi virus baru yaitu virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan (Yezli & Khan, 2020). Virus ini telah menyebar ke seluruh dunia yang menyebabkan harus diberlakukannya Social distancing atau yang artinya sesama individu harus menjaga jarak satu dengan yang lainnya (Liu et al., 2020). Social distancing ini menyebabkan beberapa perusahaan, sekolah, dan perguruan tinggi diliburkan dan menerapkan WFH (Work From Home) dan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) (Weaver & Wiener, 2020).
Pembelajaran Jarak Jauh adalah pembalajaran yang dilakukan tanpa tatap muka secara langsung atau biasa disebut pembelajaran online melalui beberapa aplikasi (Mittelmeier et al., 2019). Media yang digunakan adalah media yang menarik, mudah digunakan dan dapat digunakan dimana saja (Riyan Arthur, Yusrina Luthfiana, 2019). Dengan begitu pembelajaran tidak monoton, tidak membosankan dan tidak menghambat terjadinya Transfer of Konowledge (Dewi et al., 2018). Strategi pembelajaran yang diterapkan gurupun bermacam-macam, mulai dari strategi pembelajaran kooperatif yaitu seorang guru yang mendorong siswanya untuk bekerja sama dalam menyelesaikan sebuah masalah (Shinthia Mustiani , Tuti Iriani, 2016) , inkuiri, berbasis masalah dan masih banyak yang lainnya. Namun mayoritas strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran yang berpusat kepada siswa dengan memberikan suatu masalah/ tugas kemudian mahasiswa harus aktif sendiri untuk mencari dan menyelesaikan masalah tersebut (Theobald & Ramsbotham, 2019) (Agustanti, 2012) (Putra et al., 2016) (Putri & Widiyatmoko, 2013).
Google classroom menjadi salah satu media pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang sangat berguna di kala pandemi. Dengan menggunakan Classroom, pembelajaran kini bisa dilakukan secara jarak jauh cukup hanya dengan menggunakan satu akun Google. Google Classroom bisa digunakan untuk mengorganisir tugas, berkolaborasi, serta mendorong komunikasi, serta tersedia di web dan aplikasi seluler. Menariknya, aplikasi belajar online ini tersinkronisasi dengan Gmail, Google Dokumen, dan Google Kalender.
Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pengajar dalam Google Classroom antara lain : Membuat dan mengelola kelas, termasuk tugas-tugas dan nilai secara online tanpa perlu dokumen fisik, Menambahkan materi tugas seperti vidoe, survei melalui google formulir, serta berbagai item lain dari Google Drive, Memberikan masukan secara real-time, Membuat pengumuman dan melibatkan siswa dalam diskusi dalam forum kelas, Google Classroom juga bermanfaat bagi para siswa selama pembelajaran jarak jauh, misalnya: Melacak tugas kelas dan mengirimkan tugas dari guru, Menerima masukan dan nilai, Berbagi materi dan berinteraksi dalam forum kelas atau melalui email. Selain berguna dan praktis, cara log in Google Classroom juga terbilang sangat mudah, cukup kunjungi situs classroom.google.com, kemudian log in menggunakan akun Google yang dimiliki. Voila, classroom siap digunakan untuk belajar dari rumah.
Pembelajaran jarak jauh memberikan dampak positif yang beragam, mulai dari materi pembelajaran tetap tersampaikan kepada mahasiswa, secara tidak langsung tetap berinteraksi antara mahasiswa satu dengan yang lain atau dosen dengan mahasiswa (Markova et al., 2017). Namun PJJ juga memiliki kendala, kendala ini mengakibatkan materi yang diterima mahasiswa tidak lengkap sehingga mengganggu proses pembelajaran (Lazonder et al., 2008)
DAFTAR PUSTAKA
Agustanti, T. H. (2012). Implementasi metode inquiry untuk meningkatkan hasil belajar biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 16–20. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2007
Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal PenSil, 7(2), 25–34. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6
Lazonder, A. W., Wilhelm, P., & Hagemans, M. G. (2008). The influence of domain knowledge on strategy use during simulation-based inquiry learning. Learning and Instruction, 18(6), 580–592. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2007.12.001
Liu, Y., Gu, Z., Xia, S., Shi, B., Shi, Y., Liu, J., Gu, Z., Xia, S., Shi, B., Shi, Y., & Liu, J. (2020). What are the Underlying Transmission Patterns of COVID-19 Outbreak ? – An Age-specific Social Contact Characterization. 0–23. https://doi.org/10.1016/j.eclinm.2020.100354
Markova, T., Glazkova, I., & Zaborova, E. (2017). Quality Issues of Online Distance Learning. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 237, 685–691. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.043
Mittelmeier, J., Rienties, B., Rogaten, J., Gunter, A., & Raghuram, P. (2019). Internationalisation at a Distance and at Home: Academic and social adjustment in a South African distance learning context. International Journal of Intercultural Relations, 72(June), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2019.06.001
Putra, M. I. S., Widodo, W., & Jatmiko, B. (2016). The development of guided inquiry science learning materials to improve science literacy skill of prospective mi teachers. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 83–93. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5794
Putri, B. K., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan LKS IPA terpadu berbasis inkuiri tema darah di smp n 2 tengaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 102–106. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2709
Riyan Arthur, Yusrina Luthfiana, S. M. (2019). Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pada. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil), 5(2), 37–44. https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v5i2
Shinthia Mustiani , Tuti Iriani, R. A. (2016). ( TPS ) TO IMPROVE THE LEARNING OUTCOMES OF ENGINEERING MECHANICS STUDENTS OF CLASS X TGB IN SMKN 26 JAKARTA. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 5(June 2018).
Theobald, K. A., & Ramsbotham, J. (2019). Inquiry-based learning and clinical reasoning scaffolds: An action research project to support undergraduate students’ learning to ‘think like a nurse.’ Nurse Education in Practice, 38(September 2018), 59–65. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2019.05.018
Weaver, M. S., & Wiener, L. (2020). Applying Palliative Care Principles to Communicate with Children about COVID-19. Journal of Pain and Symptom Management, March. https://doi.org/10.1016/j.jpainsymman.2020.03.020
Yezli, S., & Khan, A. (2020). COVID-19 social distancing in the Kingdom of Saudi Arabia: Bold measures in the face of political, economic, social and religious challenges. Travel Medicine and Infectious Disease, 101692. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101692
Biodata Penulis:
Nama : Nancy Kurniasari,S.Pd
Profesi : Guru Bahasa Inggris
Instansi : SMK Yadika Kalijati
Pendidikan Terakhir : S1 Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Subang
Email : nancy.kurniasari@gmail.com