Menumbuhkan Semangat Belajar Dalam Diri Anak

Menumbuhkan Semangat Belajar Dalam Diri Anak

Oleh: Indah Septianingsih, S.Pd

Belajar merupakan suatu kegiatan yang terjadi secara langsung dalam kehidupan sehari-hari dalam mempelajari dan mengamati lingkungan sekitar. Pada dasarnya belajar merupakan poin utama yang tertanam dan harus dimiliki oleh seorang pelajar. Pada saat sekarang ini, banyak pelajar yang semangat belajarnya itu menurun. Hal ini nampak pada hasil belajar mereka disekolah. Adapun faktor faktor yang mempengaruhi menurunnya semangat belajar:

1. Kurangnya perhatian orang tua terhadap anak

Perhatian orang tua dalam hal ini sangat penting ketika anak mendapatkan perhatian lebih dari orang lain maka anak tersebut akan merasa sangat senang dan mengikuti arahan dari orang tua untuk tetap semangat belajarnya.

2. Orang tua tidak membatasi penggunaan gadget

Peran orang tua juga sangat penting dalam hal ini,ketika dirumah memiliki aturan terkait batasan penggunaan gadget. Penggunaan gadget yang berlebihan akan mengganggu anak tersebut untuk enggan belajar. Sebaliknya, jika penggunaan gadget dirumah dibatasi akan
lebih mudah bagi orang tua untuk mengarahkan anaknya untuk semangat dalam belajar.

Berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi menurunnya semangat belajar tersebut, maka orang tua dalam hal ini mempunyai peranan penting dalam mengambil alih supaya anak –anak tetap semangat dalam belajarnya. Tahapan tahapan yang perlu dilakukan yaitu orang tua memberikan pendampingan yang lebih ekstra terhadap anak tersebut untuk mengetahui keinginan keingan apa saja yang diharapkan sehingga semangat belajar anak tersebut meningkat.

Berikan pengertian yang baik dan masukan yang positif supaya anak senang dalam belajar.
Tahapan yang selanjutnya yaitu dengan memberikan pujian dan motivasi terhadap hasil yang diperoleh anak tersebut sehingga anak tersebut akan merasa percaya diri dalam
belajarnya. Dengan motivasi yang diberikan orang tua terkait manfaat belajar dan dapat
diterapkan dalam dalam kehidupan sehari hari. Selanjutnya yaitu memberikan reward ketika anak tersebut mendapatkan hasil yang tinggi. Hal ini dapat membantu anak menjadi lebih semangat lagi dalam belajar terutama dalam bidang yang anak tersebut kurang mampu menguasai materinya.Berikan masukan bahwasannya belajar itu menyenangkan dan akan bermanfaat dikemudian hari bagi dirinya. Jika semua tips yang disampaikan penulis diterapkan maka semangat belajar pada diri anak akan meningkat dan dapat dikatakan berhasil.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here