Tips Makanan Sehat Agar Berat Badan Terjaga Selama Pandemi Covid-19

  • Share
banner 468x60

Urbantimes.id, JAKARTA – Satu penelitian menunjukkan, 22% orang dewasa mengalami kenaikan berat badan selama pandemi Covid-19, apalagi saat menjalani proses karantina. Penyebabnya macam-macam. Selain kurang gerak, penyebab lainnya stress.

Selain itu, rutinitas di depan gawai atau komputer lebih ‘menggoda’ orang untuk makan dan minum berlebihan, terutama ngemil cemilan.

banner 336x280

Dikutip dari CNN, dua dari dari tiga orang dewasa berjuang keras melawan kenaikan berat badan di masa karantina saat pandemi virus corona.

Berdasarkan survei daring terhadap 800 orang dewasa di Inggris, 65 persen orang menyatakan sulit mengatur berat badan mereka saat pandemi Covid-19.

Ketua Biro Kesehatan Perempuan Partai Gelora Indonesia dr Yudith Rachmadiah mengatakan bahwa mereka yang suka ngemil bisa mengganti cemilan biasa dengan 1 porsi buah di antara dua waktu makan.

“Ganti cemilan dengan antara sarapan ke makan siang dan antara makan siang ke malam,” kata dr Yudith.

Selain olahraga teratur, mengatur jenis dan pola makan berperan besar untuk menjaga berat badan. Yang lebih penting, mengatur makanan juga berkontribusi menjaga fisik kita tetap sehat dan membangun imunitas. Lebih lengkapnya, ini dia tips menjaga berat badan oleh dr Yudith.

Pertama, atur menu makan dengan proporsi 1/2 bagian piring diisi dengan sayur dan buah, 1/4 bagian piring diisi dengan protein seperti tahu, tempe, daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan.

” Lalu seperempat sisanya dengan karbohidrat kompleks (nasi merah, oatmeal),” lanjutnya.

Selain itu dr Yudith menyarankan rutinitas yang harus dijaga yaitu minum air putih 8 gelas sehari dan hindari minuman manis. Kemudian hindari makan terlalu malam apalagi ngemil di malam hari. Batasi waktu makan malam maksimal di jam 19.00.

“Jangan tidur larut malam. Berdasarkan sebuah penelitian orang dengan kebiasaan tidur larut malam atau begadang berat badannya akan cenderung meningkat,” katanya.

Terakhir, “Jangan lupa tetap bergerak. Upayakan berolahraga selama minimal 30 menit setiap hari. Di saat pandemi seperti sekarang cukup lari kecil keliling rumah atau halaman, naik turun tangga,” tutup dr Yudith.

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *