Partai Gelora Berbagi Cara dan Resep Membuat Pie yang Enak

  • Share
banner 468x60

Urbantimes.id, JAKARTA – Cita rasa pie mungkin tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia, meski bukan kuliner asli tanah air. Namun, kuliner asal negara Pangeran Charles, Inggris ini justru menjadi makanan favorit sebagian masyarakat kita.

Di tanah air, berbagai macam jenis pie, mulai dari pie daging asap, pie buah, pie susu, pie sayuran dan lain-lain bisa dinikmati di gerai maupun outlet yang ada. Harganya juga masih terjangkau kantong masyarakat Indonesia, sehingga pie layak untuk dicicipi.

banner 336x280

Masyarakat juga bisa membuat pie sendiri, karena mudah pembuatannya. Kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, membuat kekwatiran kita bakal terpapar, apa salahnya untuk mencoba membuat pie sendiri di rumah.

Gaya Hidup dan Olahraga (Gahora) DPN Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia berbagi resep cara membuat pie di rumah ‘Home Made Pie|Gahora Berbagi Resep’.

Gahora menghadirkan owner (pemilik) Zeytin Pie, Ratu Ratna Damayani (Mia), pengusaha pie terkenal di Indonesia.

Home Made Pie Home ini program bidang Gahora DPN dab dipandu langsung Ketua bidang Gahora Partai Gelora Indonesia Kumalasari Kartini (Mala) dan disiarkan live secara virtual di zoom, facebook, instagram dan youtube.

“Mbak Mia (Ketua bidang Jaringan dan Hubungan Lembaga Partai Gelora Indonesia, red) ini tidak hanya aktif di politik saja, tapi juga berbinis kuliner, owner Zeytin Pie yang memproduksi macam-macam pie,” kata Mala Sabtu (6/3/2021) petang.

Mala mengatakan, Partai Gelora ingin berbagai resep dan cara membuat pie dari ahlinya langsung untuk para Sahabat Gelora yang ingin sekedar menyalurkan hobi maupun yang membuka peluang bisnis baru, bisnis pie.

“Gelora ingin berbagai resep dan cara membuatnya kepada temen-temen semua di rumah. Bisa bisa untuk kuliner di rumah dan hantaran saat berbuka puasa nanti,” katanya.

Mia mengakui bahwa pie bukan menu lokal, tapi pie sudah menjadi makanan global. Tersebar di berbagai negara dunia seperti Eropa, Mediterania, Amerika dan lain-lain, termasuk di Indonesia.

“Pie ini bukan menu lokal, tapi sekarang sudah jadi menu global. Di berbagai negara telah diadaptasi, di Mediterainia ada Pie Tian, di Amerika ada Pie Apel. Tapi kita tidak bikin dua menu itu, kita bikin yang lain, smoked beef pie (pie dagang asap) dan cheese tart pie (pie strowberry),” kata Pie.

Bertempat di dapur Studio Partai Gelora di Jakarta, Mia dibantu Mala mulai menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat dua menu pie tersebut. Seperti shell tart (kulit pie), daging cincang, butter, tepung terigu, gula dan garam secukupnya, cheese dan strowberry.

Untuk membuat kulit pie, butter dan telur kemudian dikocok. Setelah mengembang kemudian dicampur tepung terigu, ditambah gula dan garam secukupnya. Kemudian setelah tercampur, dimasukkan ke lemari pendingin (kulkas) selama satu jam, sambil dibungkus plastik.

“Pie itu sebagaian besar kulit, selain isi. Untuk urusan kulit saja ada ritualnya sendiri. Bikin strudel saja bisa 5 kali disimpan dikasih butter, tapi kalau pie ini cukup satu jam saja,” katanya.

Setelah kulit pie siap, siapkan cetakan dan masukkan daging cincang tanpa lemak, yang terlebih dahulu telah ditumis dengan bawang bombay dan bawang putih untuk smoked beef pie, dan tambahkan cheese cake dan strowberry untuk cheese tart pie. Kemudian panaskan dengan microwave beberapa saat dan pie siap dihidangkan.

Mia mengatakan, bisnis pie yang ditekuninya berawal dari sekedar hobi membuat kue, namun lama-lama menjadi bisnis hingga kini. “Dari hobi, lama lama jadi bisnis. Ini sebenarnya bongkar rahasia bisnis,” kilahnya sambil tertawa kecil.

Tidak ada resep khusus yang dia pegang. Untuk bahan baku dan cara pengolahan, dia hanya mengandalkan ingatan dan terkaan saja.

Setidaknya dia memerlukan waktu lebih dari tiga kali eksperimen untuk bisa menghasilkan cita rasa pie yang lezat.

“Saya minta testimoni anak, suami, dan para tetangga. Alhamdulillah mereka memuji pie bayam buatan saya, katanya enak,” ungkap Mia.

Saat ini sudah ada 13 varian yang dijual oleh Zeytin Pie. Mia menawarkan antara lain pie daging asap, pie ayam jamur, pie pisang vla susu, pie mixfruit cinnamon, pie apple almond, pie bayam zaitun, pie nanas tarte, pie pisang opera coklat, klaapertpie, dan pie cheese tart.

Nah, Bagi Sahabat Gelora yang terlambat mengikut live ‘Home Made Pie|Gahora Berbagi Resep’, cara membuat pie ala Mia, pemilik Zeytin Pie berikut resepnya, rekamannya bisa disaksikan di Youtube Partaigelora.id. Selamat mencoba!

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *