Keren, Komunitas Berbagi Sarapan Bagikan Paket Makan Tiap Hari

  • Share
komunitas berbagi sarapan
Anggota komunitas Berbagi Sarapan tengah membagikan paket makanan. (Foto: @berbagisarapanofficial via Instagram)

Urbantimes.idBanyak orang yang tidak beruntung karena mereka tidak dapat menikmati sarapan di pagi hari. Hal inilah yang membuat komunitas Berbagi Sarapan bergerak bagikan paket makan setiap harinya.

Berbagi Sarapan merupakan komunitas yang lahir pada 19 Oktober 2020. Kegiatan yang dilakukan komunitas ini adalah berbagi sarapan di pagi hari untuk orang-orang yang membutuhkan.

Rifky Haifany Rakhman yang merupakan salah satu pendiri komunitas tersebut menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini, program utamanya adalah membagikan sarapan pagi setiap hari.

Follow juga Instagram, Facebook, dan Twitter kita

Karena pada masa pandemi Covid-19, hatinya tersentuh melihat betapa banyak orang yang mengalami penurunan pendapatan, bahkan sampai ada yang di-PHK.

Rifky juga menyebutkan kegiatan tersebut terinspirasi dari lembaga kemanusiaan Visi Maha Karya. Selain itu juga mengacu pada hadis yang berisi tentang keutamaan sedekah pagi dan sedekah rutin.

Hal inilah yang mendorong Rifky dan timnya mencetuskan gerakan Berbagai Sarapan ini.

Pada awal gerakan dimulai, tim Berbagai Sarapan menggunakan dana yang didapatkan dari hasil patungan para anggota selama 2 bulan.

Namun seiring berjalannya waktu, mereka akhirnya mencari dan menemukan donatur melalui media sosial.

Tim Berbagi Sarapan mulai membagikan paket makan pada pukul 06.00-10.00 WIB. Jumlah paket sarapan yang dibagikan setiap hari adalah 100 paket makanan.

Walau diberikan secara gratis, mereka tetap memperhatikan kualitas dan nutrisi yang terkandung pada makanan tersebut.

“Ada empat komponen yang harus ada dalam makanan yang kami berikan, yaitu karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayur-sayuran. Kami juga memberikan air mineral,” kata Rifky.

Makanan yang mereka bagikan pun dimasak langsung oleh anggota komunitas tersebut. Sehingga makanan yang diberikan dijamin bersih dan sehat.

Saat ini, komunitas Berbagi Sarapan telah bagikan paket makan gratis di dua daerah, yaitu Jakarta dan Yogyakarta.

Biasanya paket makanan ini diberikan untuk mereka yang membutuhkan, seperti tukang sapu jalan, buruh harian, tukang sampah, pengemudi ojek online, pedagang kaki lima, dan lain-lain.

Kini Berbagi Sarapan sudah membuka berdonasi untuk semua orang yang ingin ikut berbagi.

Jika ingin donasi, teman-teman bisa mengunjungi akun Instagram @berbagisarapanofficial atau website www.berbagisarapan.com.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *