Pengamat : Nasionalisme Saat ini Tidak Harus dengan Perang

  • Share

BANTEN – Pengamat Kebijakan Publik Zaenal Abidin Rian menjelaskan bahwa nasionalisme adalah nilai, sehingga bentuknya bisa berubah.

“Karena saat ini nasionalisme itu tidak harus misalnya dengan perang dan seterusnya. Ekspresinya bisa berubah. Tetapi nilai-nilainya tetap masih sama, yaitu kecintaan terhadap negara,”  ucapnya di Webinar Nasional; Nasionalisme dan Mahasiswa di Era Disrupsi, melalui zoom aplikasi, pada Sabtu (18/12).

Menurut Zaenal nasionalisme itu tidak lahir dari ruang kosong, tetapi ia lahir dari ruang konteks tertentu. Jika zaman dulu kita lihat banyak mahasiswa ketika mengekspresikan sikap kritisnya lewat demo,  saat ini mereka bisa mengekpresikannya lewat medsos dan segera menjadi viral dan itu berdampak pada berubahnya kebijakan.

“Jadi, sebenarnya yang perlu kita buat adalah semakin mempekuat pandangan-pandangan kritis mereka agar terus menumpahkannya di media sosial. Sehingga lebih banyak lagi memiliki peran dalam perubahan sosial,” kata Zaenal.

Lalu, yang paling penting adalah, kita harus bisa memandang nasionalisme menurut sudut pandang mereka sendiri.

“Jadi jika kita memaksakan definisi lama, sesuatu pandanagn kita dengan konteks ruang mereka, maka itu tidak adail dan kita tidak akan mendapatkan jawaban yang sebenarnya mengenai fenomena nasionalisme ini,” pungkas Dosen Sosiologi Pendidikan ini.

Sebelumnya, Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI)  Koordinator Wilayah menggelar kegiatan Webinar Nasional dengan tema “Nasionalisme dan Mahasiswa di Era Disrupsi,” Sabtu, 18 Desember 2021 melalui via zoom meeting cloud.

Kegiatan ini dibuat atas inisiatif dalam melihat situasi bangsa. Menurut HMPI ada semacam jurang pemisah antara elit dan masyarakat padahal sinergitas antara elit dan akar rumput di masyarakat mempunyai peran yang sama dalam membangun bangsa Indonesia.

Hadir juga para narasumber yang ahli dibidangnya, yakni Guru Besar UIN Jakarta Prof Muhammad Said, Rektor ITB Ahmad Dahlan Dr. Mukhaer Pakkanna, dan Anggota DPD RI yang mengetuai Komite I Fahrul Razi.***

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *