Wah, PPKM Darurat Diprediksi Gagal Turunkan Angka Kasus Covid

  • Share
PPKM Darurat Diprediksi Gagal Turunkan Angka Kasus Covid
Petugas kepolisian menutup akses jalan pada masa PPKM Darurat di Bandung, Senin, 5 Juli 2021.

Urbantimes.id – Achmad Nur Hidayat, pakar kebijakan publik, memprediksi PPKM Darurat yang digulirkan mulai 3 sampai 20 Juli 2021 akan menemui kegagalan.

Kegagalan itu dalam menurunkan angka kasus covid-19 di Indonesia.

“Pemberlakuan PPKM Darurat terindikasi gagal redam mengatasi lonjakan Covid-19,” ujarnya kepada wartawan dalam keterangannya, Selasa, 6 Juli 2021.

“Karena apa? Karena pemerintah tidak maksimal menggunakan tiga instrumen kekuasaan yaitu instrumen law enforcement, instrumen keuangan, dan instrumen leadership,” sambungnya.

Apalagi, menurutnya PPKM Darurat Jawa-Bali kurang disertai dengan instrumen penegakan hukum jika dibandingkan dengan PSBB pada tahun lalu.

“Di lapangan banyak perusahaan non-esensial dan non-kritikal yang tidak mematuhi aturan PPKM,” kata dia.

Ia menyebutkan para perusahaan tersebut memaksa karyawannya untuk tetap masuk ke kantor meski PPKM Darurat.

“Mereka harus dihukum tegas. Karyawan mereka bisa lolos dari pos penyekatan PPKM Darurat karena aparat keamanan tidak bisa membendung mereka penuh datang ke kantor,” tutur Achmad.

Untuk diketahui, sejumlah jalan di Jabodetabek yang menuju arah Jakarta dilakukan penyekatan oleh petugas kepolisian dan TNI.

Penyekatan itu dimaksudkan untuk meminimalisasi mobilitas masyarakat selama penerapan PPKM Darurat dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *