Bakso Baru Ajak Masyarakat Berwirausaha Untuk Menyelesaikan Problem Pengangguran

  • Share
Bakso Baru Ajak Masyarakat Berwirausaha Untuk Menyelesaikan Problem Pengangguran

Urbantimes.id – Owner Bakso Baru Ragil Kassuda mengajak masyarakat membangkitkan ide kreatif dengan membangun kewirausahaan selama wabah COVID-19 untuk mengatasi pengangguran dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Krisis lahan pekerjaan dan ekonomi pada masa pandemi ini harus segera mungkin dicarikan solusinya. Salah satunya dengan cara menumbuhkan semangat masyarakat untuk membangun wirausaha,” kata Ragil Kasuda dalam keterangan tertulis di Outlet Bakso Baru, Kamis, 1 Juli 2021.

Apalagi jumlah wirausahawan di Indonesia, kata dia, lebih sedikit dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Mengutip Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia yang menjadi wirausahawan baru sekitar 3,1 persen dari populasi atau kurang dari 2 juta wirausahawan. Sementara Entrepreneurship Global Index 2018 mencatat rasio wirausahawan di Malaysia, Thailand, dan Singapura masing-masing 6 persen, 5 persen, dan 7 persen dari populasi penduduk.

Berdasarkan data tersebut, Indonesia masih sangat tertinggal untuk memiliki jiwa kewirausahaan. Di harapkan dalam kondisi pandemi tersebut masyarakat lebih sadar untuk segera mengambil Langkah untuk terjun berwirausaha.

Menurut Ragil Kasuda, “Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah harus segera mengkampanyekan kegiata kewirausahan dan membantu dalam hal skil dan pembiayaan permodalan. Hal ini menjadi solusi konkrit untuk mencegah pengaguran dan ketidak tersediaan lapangan pekerjaan di tenggah pandemi Covid-19”.

Kita ketahui Bersama bahwa tingkat PHK di prusahaan-prusahaan terus terjadi, ini membuat jumlah pengangguran meningkat.

Di tambah lagi jumlah lulusan perguruan tinggi yang setiap tahun nya bertambah membuat problem akan ketersediaan lahan pekerjaan semakin berkurang.

Ia meminta pemerintah untuk berperan aktif dan serius dalam mengatasi problem tersebut, serta masyarakat yang teredukasi pada hal ini dapat mengambil langkah untuk terjun ke dunia wirausaha.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *