Penjelasan UEFA Conference League, Kompetisi Kasta Ke-3 Eropa

  • Share
Penjelasan UEFA Conference League, Kompetisi Kasta Ke-3 Eropa
Logo UEFA

Urbantimes.id – Musim depan akan ada kompetisi baru di benua Eropa yaitu UEFA Conference Leage disebut sebagai kompetisi kasta ke-3 Eropa di bawah Liga Champions dan Liga Europa.

Tottenham Hotspur adalah Inggris yang memastikan lolos ke UEFA Conference League karena finish di posisi tujuh klasemen akhir Liga Inggris musim ini.

Tentu banyak yang belum tau apa itu UEFA Conference League dan bagaimana format ajang ini. Dari informasi laman resmi Union of European Football Associations (UEFA) penjelasannya adalah sebagai berikut.

Sejak musim 1998-1999 silam, hanya ada dua ajang kompetisi di benua Eropa yaitu Liga Champions dan Liga Europa. UEFA sebagai induk sepakbola di Eropa membentuk satu ajang baru di musim 2021-2022 mendatang, sehingga kompetisi di Eropa akan menjadi tiga selain Liga Champions dan Liga Europa.

Kompetisi ini utamanya yaitu untuk klub-klub yang mampu lolos lewat jalur domestik, walaupun beberapa liga dapat menerapkan aturan lolos lewat jalur juara piala domestik.

Hanya satu klub saja dari setiap lima liga top Eropa yang masuk ke ajang ini dan tidak ada klub yang lolos otomatis ke fase group.

Baca Juga: Pekan Terakhir Premier League Berlangsung Dramatis Memakan Korban

Sementara itu, bagi negara-negara berada di peringkat enam hingga 15 di rangking koefisien UEFA diperbolehkan mengirim dua klub. Sedangkan negara di peringkat 16 sampai 50 akan mendapat jatah tiga klub.

Ada tiga babak kualifikasi sebelum lolos ke babak grup, lima klub yang lolos dari lima liga top akan langsung menempati babak kualifikasi pamungkas.

Di fase group akan ada 32 klub yang dibagi ke delapan grup dan setiap laga akan diselenggarakan pada Kamis malam waktu setempat atau jumat dinihari WIB.

UEFA Conference League akan dimulai pada 8 Juli sampai 26 Agustus 2021 dari babak kualifikasi. Kemudian fase grup akan dimulai pada 16 September dan partai puncak final pada 25 Mei 2022.

Tim-tim yang berasal dari lima liga top Eropa yang memastikan lolos adalah AS Roma (Liga Italia), Villarreal (LaLiga Spanyol), Tottenham Hotspur (Liga Inggris), Rennes (Ligue 1 Prancis) dan Union Berlin (Bundesliga Jerman).

Format Kompetisi

Mengenai format kompetisi, Europa Conference League tidak berbeda jauh dengan Liga Champions maupun Liga Europa. Terdiri dari delapan grup yang berisi empat tim. Pemuncak klasemen dari group tersebut otomatis lolos ke-16 besar.

Kemudian dilanjutkan fase gugur play-off, 16 besar, perempat final, dan final. Tapi sebelum ke 16 besar akan ada fase play-off tambahan dimana delapan runner-uo grup akan bertemu dengan tim peringkat tiga penyisihan grup Liga Europa.

Untuk tim yang berhasil juara UEFA Conference League selain berhak mendapat hadiah uang juga akan mendapat tempat bermain fi fase grup Liga Europa musim selanjutnya, dengan catatan mereka tidak lolos ke Liga Champions di kompetisi domestik.

Dengan adanya UEFA Conference League, Presiden UEFA berharap akan banyak tim kecil mengikuti turnamen resmi dan membantu finansial mereka.

“Kompetisi klub UEFA baru akan membuat kompetisi klub-klub lebih ramai dibanding sebelumnya. Akan ada lebih banyak laga untuk klub-klub lain, dengan asosiasi lebih yang diwakilkan di fase grup,” tutur Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *