5 Manfaat Vitamin C Untuk Ibu Menyusui

  • Share
5 Manfaat Vitamin C Untuk Ibu Menyusui

Urbantimes.id – 5 manfaat vitamin C untuk ibu menyusui. Banyak beragam manfaat vitamin C untuk ibu menyusui, mulai dari peningkatan daya tahan tubuh, memperbaiki jaringan tubuh yang susak, sampai fungsi untuk menurunkan risiko terkena mastitis. Untuk lebih jelasnya, simak manfaat apa saja vitamin C untuk ibu menyusui.

Vitamin C atau asam askorbat adalah salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh semua kalangan, tidak terkecuali ibu menyusui. Ketika menyusui, Busui membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 120 miligram setiap hari. Nutrisi ini dapat diperoleh dari buah dan sayuran atau dari suplemen.

Inilah Manfaat vitaminC untuk ibu menyusui

Ketika melahirkan, seorang ibu membutuhkan berbagai jenis nutrisi untuk cepat memulihkan kondisi tubuh serta menghasilkan ASI secara baik. Beragam nutrisi tersebut seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral, termasuk vitamin C.

Apa saja manfaat vitamin C untuk ibu menyusui? Inilah beberapa diantaranya:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Manfaat pertama dari vitamin C adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahn tubuh sangat dibutuhkan bagai Busui untuk kuat melawan kuman dan virus penyebab penyakit, itu membuat tidak mudah terkena penyakit.

Selain itu, vitamin C pun merupakan salah satu antioksidan yang memiliki peran penting untuk menangkal efek radikal bebas.

Asupan vitamin C sangat penting, sebab jika Busui sakit, proses menyusui Si Kecil menjadi terganggu. Bahkan, bila Busui sakit, contohnya karena flu atau Covid-19, bukan tidak mungkin penyakit akan tertular ke buah hati.

2. Meningkatkan penyerapan zat besi

Manfaat lain dari vitamin C adalah untuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Hasil riset menjelaskan bahwa penyerapan zat besi pada orang dewasa yang rutin mencukupi vitamin C bisa meningkat hingga 67%.

Baca Juga : 7 Tips Diet Sehat dan Cepat untuk Pemula

Manfaat ini amat baik bagi ibu menyusui. Ibu menyusui perlu mengetahui bahwa saat menyusui, ASI yang keluar akan mengandung zat besi yang diperoleh dari tubuh Busui sendiri. Jika tidak mendapat asupan zat besi yang cukup, tubuh Busui akan kekurangan zat besi dan mengalami anemia.

3. Mendukung kesehatan serta kekuatan tulang dan gigi

Selama hamil, terjadi perubahan hormon di dalam tubuh yang dapat menyebabkan gigi dan gusi mudah terluka dan berdarah. Hal ini bisa terjadi sampai beberapa hari atau bahkan minggu setelah melahirkan.

Nah, supaya kondisi kesehatan tulang dan gigi tetap terjaga, penting bagi Busui untuk rutin menyikat gigi dan cukup asupan nutrisinya seperti vitamin C. Nutrisi ini pun baik untuk memperkuat tulang dan sendi di tubuh Busui.

4. Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak

Vitamin C memiliki manfaat dalam memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Ketika melahirkan, tubuh bisa mengalami berbagai luka, seperti robekan jalan lahir, tindakan episiotomi, atau meluruhnya jaringan plasenta di rahim.

Untuk mendukung proses pemulihan tubuh dari berbagai luka tersebut, Busui membutuhkan asupan nutrisi cukup, seperti protein, cat besi, dan vitamin C. Tidak hanya untuk ibu yang melahirkan secara normal, vitamin C pun baik untuk ibu yang melahirkan secara operasi caesar.

5. Menurunkan risiko terjadinya mastitis

Tidak sedikit ibu menyusui yang mengalami mastitis atau peradangan pada jaringan payudara. Kondisi ini dapat mengganggu proses menyusui sebab menimbulkan rasa nyeri di payudara.

Untuk mengatasinya, Busui diajurkan untuk menyusui si Kecil sesering yang ia mau, melakukan pijatan payudara untuk kelancaran aliran ASI, meminum air putih yang cukup dan mengkonsumsi makanan tinggi vitamin C.

Riset menunjukkan vitamin C dapat mengurangi risiko ibu menyusui mastitis, tapi manfaat vitamin C yang satu ini masih harus diteliti lebih lanjut.

Itulah informasi manfaat vitaminC bagi ibu yang menyusui. Mengingat ada banyak manfaat untuk kesehatan, Busui jangan lupa untuk selalu mencukupi asupan vitamin C ya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *