Di 3 Negara Ini, Warga yang Divaksin Dapat Hadiah

  • Share
divaksin dapat hadiah
Kamu sudah divaksin? (Foto: cottonbro via Pexels)

Urbantimes.idUntuk menghilangkan keraguan publik tentang vaksin sekaligus meningkatkan angka vaksinasi, beberapa otoritas di negara-negara Asia memberikan kebijakan, yaitu warga yang divaksin dapat hadiah.

Hadiah yang diberikan berbeda-beda, mulai dari undian sapi, ayam, hingga apartemen. Wah, siapa yang tidak mau divaksin kalau seperti itu?

Nih, Urbantimes.id beri tahu, negara yang menerapkan kebijakan divaksin dapat hadiah:

1. Undian berhadiah sapi – Thailand

divaksin dapat hadiah (2)
Vaksinasi covid-19 di Thailand. (Foto: southeastasiaglobe)

Di distrik Mae Chaem, utara Chiang Mai, Thailand, mayoritas penduduknya adalah peternak sapi. Di sini pihak berwenang berikan hadiah undian sapi bagi warga yang ingin divaksin Covid-19.

Dengan adanya hal ini, banyak warga distrik Mae Chaem berbondong-bondong untuk mendapatkan vaksinasi, sebagian besar yang mendaftar adalah lansia dan kelompok beresiko tinggi.

Dilansir dari Reuters, program vaksin berhadiah undian sapi tersebut telah memasuki minggu kedua dan telah memberikan total 27 sapi sebagai hadiah.

Menurut pihak berwenang, upaya tersebut menyebabkan lebih dari 50 persen dari 1.400 penduduk distrik Mae Chaem mendaftar divaksinasi.

2. Beragam hadiah menggiurkan – Hong Kong

vaksinasi covid-19
Vaksinasi covid-19 di Hong Kong. (Foto: channelnewsasia.com)

Di Hong Kong, Covid-19 berhasil dikendalikan sejauh ini. Namun, pihak berwenang khawatir bila tingkat vaksinasi yang rendah dapat membuat wilayah tersebut menjadi rentan terhadap wabah Covid-19.

Sebagai upaya agar warganya melakukan vaksinasi, pihak berwenang memberikan voucher belanja, tiket pesawat, dan apartemen baru senilai HK$10,8 juta atau sekitar Rp 19,2 miliar.

Beberapa pelaku bisnis mengambil tindakan tambahan, seperti memberikan cuti berbayar untuk mereka yang sudah divaksinasi.

3. Negeri kita tak kalah royal – Indonesia

Indonesia Begins COVID-19 Vaccination
Presiden Joko Widodo menjalani vaksinasi. (Foto: setkab.go.id)

Pihak berwenang mengatakan sangat sulit menyakinkan orang tua bahwa vaksin itu aman dan halal. Karena banyak berita hoaks yang beredar di luar sana.

“Saya takut kalau saya divaksinasi, saya akan langsung mati. Lalu ada berita yang lebih mengkhawatirkan lagi, bahwa vaksin ini mengandung babi.” kata Asep Saepudin, 67 tahun, warga di Cipanas, Jawa Barat.

Seperti di Thailand, pihak berwenang Cipanas pun memberikan hadiah ternak dan ayam kepada setiap lansia yang mau divaksinasi.

Di Takalar, Sulawesi Selatan, pihak berwenang memberikan hadiah ponsel bagi warga yang divaksinasi. Sementara di Aceh, pihak berwenang setempat memberikan door prize bagi warganya.


  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *