Mau Berhenti Merokok? Ikuti Cara ini

  • Share
Mau Berhenti Merokok? Ikuti Cara ini

Urbantimes.id – Berhenti merokok memang bukan hal mudah, banyak orang yang merasakan kegagalan untuk berhenti merokok.

Berhenti merokok memang membutuhkan proses tahapan yang mesti dilakukan dengan komitmen dan kesabaran.

Berikut ini adalah cara efektif berhenti merokok.

1. Temukan Alasanmu

Supaya lebih memotivasi untuk berhenti merokok, Anda butuh alasan yang kuat. Contohnya untuk melindungi keluarga dari asap secondhand, menurunkan resiko penyakit kanker paru-paru, ingin awet muda atau bahkan menghemat pengeluaran.

Tentukan alasan yang paling kuat sehingga Anda berpikir berkali-kali jika ingin kembali merokok.

2. Cari Nikotin Alternatif

Saat berhenti merokok, Anda akan mengalami kondisi yang disebut nicotine withdrawal. Kondisi ini dapat membuat Anda merasa sakit kepala, mempengaruhi mood sampai menyedot energi.

Untuk menekan rasa ingin kembali merokok supaya tidak terkena withdrawal kalian dapat mencari alternatif pengganti nikotin. Beberapa alternatifnya yaitu permen kare nikotin atau patch nikotin.

3. Relaksasi

Salah satu alasan merokok adalah untuk menenangkan diri dan menghindari stress. Sebagai gantinya Anda bisa mencoba melakukan teknik relaksasi seperti yoga, latihan pernapasan, mendengarkan lagu atau pijat.

4. Bersihkan Rumah

Jika sudah memutuskan tidak merokok, maka buang asbak, rokok dan korek yang Anda punya. Bersihkan furnitur yang terkena bau asap seperti karpet, sofa dan tirai.

Jangan lupa untuk mencuci baju yang terkena asap rokok. Intinya, sebisa mungkin Anda tidak melihat atau mencium sesuatu yang bisa mengingatkanmu pada rokok.

5. Hindari Alkohol dan Pemicu lainnya

Banyak orang merokok sambil ditemani dengan minum minuman beralkohol atau kopi. Bila sedang mencoba berhenti merokok, ada baiknya kalian hindari minuman ini karena bisa menjadi pemicu.

Selain itu, bila kalian biasa merokok setelah makan, coba lakukan aktivitas lain seperti mengosok gigi atau mengunyah permen.

6. Olahraga

Cara lain untuk berhenti meroko yang bisa Anda lakukan adalah berolahraga. Badan yang sering bergerak bisa membantu kalian menekan rasa ‘ngidam’ nikotin. Saat muncul keinginan untuk merokok, ambil sepatu olahraga dan lakukan joging.

7. Kunyah Sesuatu

Cara lain untuk berhenti merokok adalah mengunyah permen saat rasa ingin datang. Selain permen, Anda pun bisa mengunyah wortel, sledri, kacang atau bahkan kuaci.

8. Jangan Sambil Diet

Jangan coba diet ketika sedang berusaha berhenti merokok. Hal ini justru akan memiliki dampak yang tidak diinginkan.

Tapi Anda bisa tetap makan dengan sehat, seperti memperbanyak konsumsi buah, sayur biji-bijian dan protein dari daging.

9. Gunakan Aplikasi Pembantu

Sekarang ini sudah banyak aplikasi mobile yang ada untuk membantu berhenti merokok. Supaya usaha berhenti merokok bisa berjalan lancar, coba gunakan aplikasi ini.

Beberapa aplikasi berhenti merokok yang Anda bisa unduh kapanpun yaitu QuitNow!, Kwit, MyQuit Coach, Smoke Free, dan masih banyak aplikasi lainnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *