Perlu Tahu Nih, 5 Kandungan Sunscreen yang Berbahaya

  • Share
kandungan sunscreen yang berbahaya
Ilustrasi. (Foto: Kindel Media via Pexels)

Urbantimes.idSuncreen biasanya digunakan agar kulit kita tidak menjadi belang akibat sinar matahari. Tapi, Urbaners tahu gak sih ada kandungan sunscreen yang berbahaya?

Ya, berdasarkan situs resmi US Food and Drug Administration (FDA), ada beberapa kandungan sunscreen yang berbahaya bagi tubuh.

Dan perlu tahu nih, kandungan ini banyak digunakan pada produk skincare:

Avobenzone

Kandungan Avobenzone dalam sunscreen adalah kandungan yang berbahaya bagi kulit.

Avobenzone sendiri berfungsi sebagai penyeimbang kandungan sunscreen ketika kulit terpapar oleh sinar UV dengan cara memblokir sinar UV yang dipancarkan oleh sinar matahari.

Namun nyatanya Avobenzone ini berbahaya untuk kulit, seperti memicu dermatitis bagi yang memiliki alergi pada kandungan Avobenzone.

Ketika Avobenzone dan klorin bersatu seperti pada kolam renang ini dapat memicu kerusakan hati, ginjal, dan saraf dalam jangka panjang.

Kandungan Avobenzone dapat memicu pelepasan radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko kanker jika terkena cahaya matahari.

Homosalate

Selanjutnya ada bahan kimia homosalate yang ada pada sunscreen. Zat ini dikenal baik untuk mempermudah proses penyerapan sunscreen ke kulit.

Tetapi jika zat ini terserap oleh kulit, zat-zat homosalate yang ada di dalam tubuh lainnya akan terkumpul lebih cepat.

Hal ini bisa menyebabkan zat berubah menjadi racun yang membahayakan tubuh dan merusak hormon, selain itu Homosalate dapat menyebabkan penurunan hormon pertumbuhan pada anak apabila zat ini masuk ke dalam aliran air susu ibu.

Efek buruk selanjutnya adalah dapat mengacaukan hormon tubuh yang dapat memicu berbagai penyakit, dan bahayanya lagi zat ini mampu membuat mengacaukan metabolisme sehingga memicu berbagai penyakit.

Oxyvenzone

Bahan populer yang sering digunakan ini adalah Oxyvenzone. Bahan ini merupakan bahan yang dapat menyerap UVB.

Bahan ini merupakan salah satu bahan yang paling banyak ditemukan dalam chemical sunscreen. Nah, saat terpapar sinar matahari, bahan kimia ini akan mengakami reaksi kimia.

Efek buruk zat ini adalah jika bahan ini memproduksi radikal bebas maka dapat membahayakan kesehatan kulit dan membuat kolagen pada kulit melemah, sehingga menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Pada saat zat Oxybenzone mempengaruhi hormon di dalam tubuh ini dapat memicu kanker, gangguan kehamilan, dan bahkan menghambat pertumbuhan janin.

Selain itu zat ini dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh, juga kemerahan, gatal dan alergi pada kulit yang sensitif.

Octinoxate

Penggunaan kandungan ini sangat populer juga dikalangan skincare. Bahan kimia octinoxate pada produk sunscreen sangat sering kali ditemukan di pasaran. Zat ini mampu menyerap UVB.

Meski reaksi alergi dari octinoxate jarang terjadi, namun penggunaan bahan ini dapat menyebabkan endocrine disruptors yang berujung pada gangguan kehamilan atau lebih parahnya lagi dapat menyebabkan kanker.

Karena menimbulkan efek yang membahayakan kesehatan tubuh, pada penggunaan bahan kimia ini sangat tidak disarankan untuk anak-anak dan perempuan yang sedang hamil.

Sama dengan Oxybenzone, kandungan Octinoxate juga dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh yang menimbulkan berbagai dampak negatif bagi tubuh.

Octinoxate juga dapat memicu produksi radikal bebas bagi kulit yang dapat mempercepat penuaan dini pada kulit.

Selain menimbulkan dampak buruk bagi tubuh, Octinoxate bersifat tidak ramah lingkungan, karena tidak menyatu di dalam air dengan mudah, dan sulit direduksi oleh tubuh.

Retinyl Palmitate

Retinyl Palmitate adalah sebuah zat antioksidan yang termasuk pada kandungan vit A. Sedangkan pada produk sunscreen, kandungan ini digunakan untuk meningkatkan perlindungan terhadap sinar UV yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Tetapi bentuk vitamin A ini justru yang membuat bahaya pada kandungan sunscreen.

Apabila kandungan ini terpapar sinar matahari dapat menyebabkan senyawa retinol berisiko pecah dan memproduksi radikal bebas yang bisa meracuni sel, merusak DNA, dan menyebabkan kanker.

Retinyl Palmitate juga dapat mempercepat pertumbuhan sel jahat dan tumor kulit ketika digunakan pada kulit sebelum terpapar sinar matahari.

Itu dia dampak buruk kandungan-kandungan suncreen yang membahayakan tubuh, hingga saat ini pun bahan tersebut masih diteliti lebih jauh lagi.

 

Writer: Zakyah KhairunnisaEditor: Mas Adam
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *