Tips Ampuh Menjaga Kesuburan Rahim Wanita

  • Share
Tips Ampuh Menjaga Kesuburan Rahim Wanita

Urbantimes.id – Memiliki buah hati sehabis nikah adalah harapan tiap pasangan. Namun, banyak pasangan suami istri yang mengalami kesulitan mendapatkan keturunan setelah cukup lama menikah. Hal itu bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya karena adanya organ reproduksi wanita. Sehingga, Anda perlu tahu bagaimana cara menjaga kesuburan wanita.

Kenali Tanda Masa Subur Wanita

Seorang wanita yang tengah masa reproduksi akan mengalami haid. Haid atau menstruasi adalah awal dari siklus haid. Siklus haid merupakan rentan waktu antara haid hari pertama hingga hari pertama di bulan berikutnya.

Secara normal, siklus haid berlangsung selama 21-35 hari. Selama siklus itu akan terjadi pematangan sel telur di indung telur (ovarium), diikuti dengan pelepasan sel telur ke saluran indung telur (tuba falopi). Pelepasan sel telur disebut dengan ovulasi.

Sel telur yang dilepaskan dapat bertahan beberapa hari untuk menunggu dibuahi sel sperma. Dalam masa ini, jika seorang wanita berhubungan seksual maka ada kemungkinan hamil menjadi tinggi. Tidak heran, jika ini disebut sebagai masa subur.

Masa subur tidak dibatasi saat ovulasi saja, namun mulai hari ke sebelas dalam siklus haid sampai hari ke 15.

Tanda-tanda lainnya dari masa subur adalah kenaikan suhu tubuh, keluarnya keputihan yang bening serta encer, perut begah, payudara nyeri hingga timbul sedikit flek dari vagina.

Selain tanda tersebut, seorang wanita bisa mengetahui masa subur dengan menggunakan kalender kesuburan.

Tips Menjaga Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil

Kesuburan tergantung dari beberapa faktor, bisa dipengaruhi stres pikiran saat pekerjaan, kelelahan, berat badan, atau karena sedang konsumsi obat rutin tertentu atau tidak.

Selain itu, ada penyakit khusus akibat kebiasaan buruk seperti merokok atau minum alkohol yang bisa mempengaruhi kesuburan seseorang. Jika Anda sedang dalam program hamil, berikut adalah hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan wanita, yaitu:

1. Tenangkan diri

Stres dapat terjadi karena sebab apapun. Mulai dari tekanan pekerjaan, rasa tidak percaya diri, kecemasan, minder, dan sebagainya.

Stres emosional dapat memicu terjadinya gangguan menstruasi. Hal ini mengakibatkan Anda sulit untuk menentukan masa subur dan sulit pula untuk mendapatkan keturunan.

Tidak hanya itu, stres juga menyebabkan gangguan hormon dalam tubuh dan menyebabkan masalah kesuburan.

Karena itu, coba tenangkan diri Anda dengan melakukan olahraga, meditasi, atau bercerita dengan sahabat atau pasangan untuk mengatasi stres.

Bila perlu, Anda dapat menghubungi tenaga profesional seperti psikolog ataupsikiater untuk mendapat penanganan yang tepat bagi kesehatan mental Anda.

2. Atur Berat Badan

Bila Anda sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya perhatikan berat badan, Seorang wanita sebaiknya memiliki lemak tubuh lebih dari 10-15% dari berat badan. Lemak dalam tubuh yang berlebih bisa mengganggu kesuburan wanita.

Tapi di sisi lain, Anda tidak perlu diet secara berlebih sampai menyiksa tubuh. Pasalnya, tidak hanya gemuk, tubuh yang kurus pun akan kehilangan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesuburan rahim dan organ reproduksi.

3. Kontrol ke Dokter

Apabila Anda memiliki penyakit tertentu yang dapat memengaruhi kesuburan, seperti lupus, diabetes, tiroid, atau radang sendi, Anda dapat berkonsultasi ke dokter, terlebih jika Anda sedang merencanakan kehamilan.

Selain itu, dengan pemeriksaan rutin ke dokter, beberapa penyakit lain dapat dideteksi sejak dini, misalnya seperti infeksi menular seksual.

4. Rutin Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan kebugaran serta memelihara kestabilan dan keseimbangan hormon. Dengan kata lain, olahraga bermanfaat untuk dapat meningkatkan kesuburan dan kesehatan organ reproduksi Anda.

Jangan lupa untuk ajak pasangan ikut berolahraga juga, ya, pasalnya, kesehatan sperma dan kesuburan pria juga berkaitan dengan kebiasaan berolahraga.

5. Hentikan Merokok dan Minum Alkohol

Rokok adalah salah satu penyebab utama infertilitas atau ketidaksuburan. Oleh sebab itu, salah satu cara meningkatkan kesuburan wanita adalah dengan menghindari paparan asap rokok, baik Anda sebagai perokok aktif maupun pasif.

Selain itu, kebiasaan lainnya seperti minum alkohol juga harus dibatasi demi menjaga kesuburan rahim.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *