5 Tips Street Feeding Kucing Liar

  • Share
tips street feeding
Ilustrasi. (Foto: pxfuel.com)

Urbantimes.idMungkin kamu sering iba melihat banyak kucing berkeliaran di jalanan. Jika kamu merasakan hal itu, kamu bisa melakukan street feeding. Ada banyak tips street feeding kucing liar bertebaran di internet.

Buat kamu yang masih bingung apa itu street feeding? Jadi, street feeding merupakan kegiatan memberi makan kucing-kucing liar yang berada di jalanan.

Kebanyakan orang mungkin lebih menyukai kucing dengan ras tertentu, seperti persia, anggora, ragdoll dan beberapa jenis lainnya.

Walaupun menyukai kucing ras tertentu seperti di atas, seharusnya kita juga menyukai kucing liar yang berada di jalanan.

Sekarang ini, sudah banyak komunitas yang rutin melakukan street feeding. Namun, kamu juga dapat melakukannya sendiri tanpa perlu bergabung dengan komunitas.

Berikut 5 tips street feeding kucing liar yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan kegiatan ini:

1. Menentukan lokasi keberadaan kucing liar

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mencari dan menentukan lokasi keberadaan kucing liar.

2. Persiapkan makanan basah dan kering

Kamu perlu membawa dua jenis makanan ini, karena tidak semua kucing menyukai makanan basah begitu juga sebaliknya. Jadi, untuk berjaga-jaga kamu bisa membawa kedua makanan tersebut.

Makanan basah dan kering dapat ditemui dengan mudah di supermarket atau pet shop. Selain membeli, kamu juga bisa membuat makanan sendiri dan pastikan makanan yang dibuat tidak berbahaya untuk kucing.

3. Menyiapkan wadah untuk makan dan minum

Selain wadah untuk makan, jangan lupa juga untuk membawa wadah untuk minum. Karena setelah makan, kucing juga harus minum.

Pastikan juga untuk membawa 2-3 wadah, hal ini untuk mencegah terjadinya perebutan makanan antar kucing.

4. Beli obat jika ada kucing yang sakit

Jika sedang melakukan street feeding dan kamu merasa kucing yang kamu beri makan terkena penyakit. Kamu bisa membawanya ke klinik atau pet shop terdekat untuk diberikan pengobatan.

5. Lakukan Sterilisasi Jika Diperlukan

Kucing dewasa biasanya membutuhkan sterilisasi. Sterilisasi dilakukan untuk menghindari overpopulasi kucing di daerah tertentu.

Bagi kamu yang memiliki uang lebih, kamu bisa melakukan hal ini dengan cara membawa kucing ke klinik hewan untuk disterilisasi.

Itulah beberapa tips street feeding yang perlu kamu ketahui. Yuk, sayangi kucing liar dengan cara ini.

Writer: Indri Nayla RahayuEditor: Mas Adam
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *