3 Aktivitas yang Rentan Penularan Covid-19

  • Share
penularan covid-19
Ilustrasi. (Foto: Andrea Piacquadio dari Pexels)

Urbantimes.idKasus Covid-19 kian parah, dan akibatnya pemberlakuan pengetatan aktivitas masyarakat kembali berlangsung, termasuk aktivitas yang berpotensi memperbesar penularan covid-19, kembali berlaku.

Kita diminta untuk terus menjaga protokol kesehatan. Awalnya, prokes hanya 3M, sekarang telah menjadi 6M dan bisa ditambah lagi dengan aturan-aturan lain.

Sebenarnya, apapun kegiatan di luar rumah rentan penyebaran covid-19 dan membuat kita tertular covid.

Akan tetapi, ada 3 aktivitas yang membuat potensi penularan covid-19 itu semakin tinggi. Apa saja? Berikut Urbantimes.id paparkan:

1. Naik transportasi umum

Jika Anda berada pada suatu moda transportasi, berarti Anda berada dalam satu ruangan yang sama dengan banyak orang.

Apalagi di pesawat, naik pesawat menjadi aktivitas beresiko karena bandara dipenuhi oleh orang-orang dari berbagai daerah atau negara.

Kemungkinan orang tersebut bisa saja datang dari area yang berbahaya. Sehingga sangat beresiko adanya penularan Covid-19.

Selain itu, sirkulasi udara di dalam pesawat yang sangat terbatas dapat meningkatkan penularan virus lebih cepat.

2. Berbelanja

Berbelanja di supermarket tentunya dikelilingi banyaknya orang yang ingin membeli kebutuhan sehari-hari. Ini tentunya dapat menjadi aktivitas berisiko penularan Covid-19.

Tapi, berbelanja bisa dilakukan dengan memilih tempat yang tidak ramai atau memilih waktu berbelanja saat hari kerja untuk menghindari kerumunan.

3. Menghadiri hajatan

Hajatan merupakan tempat berisiko tinggi terhadap penularan Covid-19, apalagi diadakan di ruangan tertutup minim sirkulasi udara, virus akan lebih mudah menyebar melalui udara.

Sementara untuk jaga jarak akan sulit diterapkan karena banyak tamu yang diundang.

Itulah beberapa aktivitas yang diyakini beresiko terhadap penularan Corona. Maka dari itu hindari kerumunan dan kurangi aktivitas diluar rumah agar kasus Covid-19 di Indonesia dapat berkurang.

Writer: Rahmah Fauziah HasibuanEditor: Mas Adam
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *