Tips Ampuh Lolos CPNS 2021

  • Share
tips ampuh lolos cpns
Ilustrasi. (Foto: infoasn.id)

Urbantimes.idJadi PNS itu tidak mudah. Setuju atau tidak memang begitu kenyataan. Selain banyak orang yang menginginkannya, seleksinya juga ketat. Urbantimes.id membagikan tips ampuh lolos CPNS bagi kamu yang tahun ini berjuang. Ciayo.

Tips ampuh lolos CPNS di bawah ini bakal lebih maksimal kalau didorong dengan doa. Bagi Pembaca yang masih memiliki orang tua, tentu doa mereka sangatlah berarti untuk kita.

Jangan lupa juga kerja keras dan niat baik. Bermimpi menjadi PNS dengan harapan hidup aman, memang boleh. Tetapi perlu diingat, kita mengabdikan diri kepada masyarakat, dan ini bukanlah urusan main-main.

1. Biasakan diri dengan soal-soal CPNS

Anda harus mempersiapkan dari jauh hari dengan latihan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) untuk mempelajarinya bisa dengan membeli buku-buku soal CPNS di toko buku, selain berlatih melalui buku kini tersedia di berbagai aplikasi latihan soal CPNS atau juga dengan menonton video-video Youtube terkait soal-soal CPNS.

2. Jangan kudet informasi seleksi CPNS

Terus update seputar seleksi CPNS seperti Informasi Pendaftaran, Pemberkasan dan Informasi Formasi Instansi yang diinginkan sesuai dengan bidang kemampuan.

3. Dengar pengalaman orang lain

Jika pernah gagal anda bisa mengevaluasi faktor kegagalan dari yang sebelumnya, jangan sungkan untuk mendengar pengalaman dan saran yang pernah melalui seleksi ini. Dengan begitu anda bisa menghindari kesalahan serupa dan melakukan hasil terbaik untuk seleksi CPNS kali ini.

4. Instansi peminat bisa jadi pilihan kamu

Nah untuk yang ini cocok bagi anda yang tidak mempermasalahkan instansi tempat bekerja. Dengan memilih Instansi yang sepi peminat anda akan mendapatkan peluang besar untuk lolos seleksi.

5. Teliti Dalam Mengerjakan Soal

Untuk yang ini patut sekali dilakukan karena banyak sekali pertanyaan-pertanyaan menjebak dalam soal SKD dan SKB dengan jawaban yang satu sama lain hampir mirip.

6. Berdoa

Terakhir, Jika semua usaha sudah dilakukan berdoalah untuk meminta kemudahan dalam mengikuti seleksi CPNS. Jalani proses seleksi dengan sebaik mungkin.

Tiga aturan seleksi CPNS 2021

Dikatakan bahwa Kemenpan RB telah membuat 3 peraturan terkait penyelenggaraan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021.

  1. PermenPANRB No. 27/2021 tentang Pengadaan PNS (link)
  2. PermenPANRB No. 28/2021 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2021 (link)
  3. PermenPANRB No. 29/2021 tentang Pengadaan PPPK untuk jabatan Fungsional (link)
Writer: Rahmah Fauziah HasibuanEditor: Mas Adam
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *