Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Sprint Race F1

  • Share
Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Sprint Race
Sergio Perez memimpin sesi balap di sirkuit Baku. (Foto: @f1 via Instagram.com)

Urbantimes.id – Federasi Otomotif Internasional (FIA) resmi menerapkan format baru pada sesi balap di sirkuit Silverstone, Inggris, Sabtu, 17 Juli 2021. Sprint race kini hadir di F1 setelah sebelumnya muncul desas-desus mengenai penerapan ini.

Format akhir pekan seri balap F1 sekaran tak menghapus sesi kualifikasi. Hari Jumat, digelar sesi latihan 1 dan juga kualifikasi.

Pada hari Sabtu, digelar latihan 2, dan juga sprint race. Pada hari Minggu, digelar balapan sebagaimana biasanya.

Verstappen adalah juara dunia F1 2021, Kenapa Tidak?

Apa yang membedakan sprint race dengan balapan biasa? Pada sprint race tidak ada pit stop. Balapan juga hanya digelar dengan total jarak 100 kilometer.

Berikut hal yang mesti diketahui tentang sprint race:

1. Grid sprint race

Grid sesi ini ditentukan pada sesi kualifikasi hari Jumat. Seperti pada balapan Silverstone, Hamilton menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi Jumat, sehingga menempati pole position untuk sprint race.

2. Hanya 17 laps

Akumulasi jarak yang ditempuk dalam sprint race ini adalah 100 kilometer. Di Silverstone, 100 kilometer sama dengan 17 putaran. Tentu jumlah putaran ini akan berbeda di tiap sirkuit.

Follow juga Instagram Urbantimes.id@urbantimes.id (follow)

3. Tidak ada pit stop

Karena hanya 17 lap, tak ada pit stop. Dan karena ini juga sesi balapan ini disebut sprint. Artinya, siapa yang tercepat dialah yang juara. Semua murni tentang pacu (pace).

4. Bonus poin

Pembalap yang berhasil finish pada tiga besar sprint race ini berhak mendapatkan poin. Posisi pertama mendapat 3 poin, posisi kedua, dan ketiga, masing-masing 2 dan 1 poin.

5. Hasil sprint race

Grid balapan hari Minggu ditentukan pada sprint race ini. Misalnya Russell finish pada urutan pertama, diikuti oleh Schumacher, dan Mazepin. Pada balapan minggu ini, ketiga pembalap tersebut (dan juga pembalap lain) memulai balapan sesuai dengan hasil sprint race.

Pada masa uji coba, sprint race hanya digelar di 3 sirkuit musim 2021.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *