Akses Jalan Menuju Sirkuit Mandalika Dibangun Tahun Depan

  • Share
Akses Jalan Menuju Sirkuit Mandalika Dibangun Tahun Depan
Akses Jalan Menuju Sirkuit Mandalika Dibangun Tahun Depan

urbantimes.id – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sedang melakukan percepatan pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sekarang ini pembangunan Sirkuit Mandalika sendiri telah memasuki tahap ground work badan jalan yang telah mencapai 30%. Demi menjamu tes pra-musim MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika, jalan akses menuju sirkuit juga sedang dipersiapkan.

Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan mengatakan akses ke sirkuit Mandalika saat inisedang dalam proses.

“Akses ke sirkuit dalam proses seperti lokasi parkir. Kemudian lokasi grandstand itu semua paralel kita kerjakan,” katanya di GS8 Lounge Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019).

Beberapa infrastruktur yang menjadi pendukung konektivitas dari Bandara Lombok menuju Mandalika yang dibuat oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Bina Marga dibangun tahun depan.

“Kemudian jalan by pass yang dibuat oleh kementerian PUPR, Bina Marga dari bandara menuju Mandalika juga sedang diproses, sudah pembebasan tanah dari mereka mungkin awal tahun juga mereka mulai pembangunan,” jelasnya.

Untuk meningkatkan rasa nyaman bagi pengunjung, akan dibangun 10 hotel. Berdasarkan lansiran detikcom, sebanyak 2.485 kamar diantaranya ditargetkan bisa diselesaikan pada akhir 2021. Hotel-hotel yang sedang dibangun sekarang ini adalah Hotel Pullman yang mencapai progres 37%, Hotel Paramount yang sudah memulai tahap piling, serta Hotel Golden Tulip dan Beach Club, yang merupakan hotel bintang empat grup Sheraton, yang telah mulai membangun beach club terlebih dahulu.

Perlu diketahui, keberadaan The Mandalika diyakini akan membawa manfaat perekonomian yang sangat besar bagi masyarakat NTB, khususnya masyarakat sekitar kawasan. Sejak ITDC melakukan pembangunan infrastruktur secara intensif di zona inti kawasan, sedikitnya ada 10 unit usaha baru berbentuk homestay, resto, cafe dan toko ritel memulai usaha di zona barat kawasan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *