Anis Matta: AMI adalah Ruh Gerakan Kebangkitan Baru di Indonesia

  • Share

JAKARTA – Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta melaunching Akademi Manusia Indonesia (AMI) di Hotel Majapahit, Surabaya bertepatan dengan Hari Pahlawan 2020, Selasa (10/11/2020) malam.

Hotel Majapahit sengaja dipilih karena memiliki tongggak sejarah perjuangan semangat kepahlawanan dalam membangun gerakan kebangkitan baru di Indonesia.

“Partai ini tidak sekedar partai politik, tapi partai yang memelopri gerakan kebangkitan baru di Indonesa dan garda depan dalam proses kebangkitan baru Indonesia itu adalah Akademi Manusia Indonesia,” kata Anis Matta dalam keterangannya, Rabu (11/11/2020).

Menurut Anis Matta, AMI adalah ruh gerakan kebangkitan baru Indonesia, atau Arah Baru Indonesia menuju lima besar kekuatan dunia. Karena itu, dengan mewarisi semangat kepahlawan diharapkan dapat menumbuhkan nasioalisme baru gerakan Indonesia.

“Dengan semangat nasionalisme baru itulah kita resmikan AMI pada malam hari ini bertepatan dengan hari pahlawan supaya kita mewarisi semangat itu,” kata Ketua Umum Partai Gelora Indonesia ini.

Adapun pemaknaan pada pahlawan, lanjut Anis Matta, adalah manusia-manusia biasa yang melakukan pekerjaan-pekerjaan luar biasa yang pencapaiannya melampaui sumber daya mereka. Mereka memiliki pikiran, tekat dan karakter yag luar biasa.

Sebab, nasionalisme mereka telah menyatu dengan semangat jihad, dan semua tindakan diambil atas dasar keyakinan hidup atau mati dalam mempertahankan kemerdekaan.

“Dalam kondisi negara kita sekarang ini, kita butuh semangat baru. Kita butuh nasionalisme baru. Nasionalisme baru itu adalah, cinta tanah air, yang juga dilandasi semangat jihad untuk tanah air,” ujar Anis Matta.

Anis Matta menegaskan, disinilah pentingnya mengenang sejarah perjuangan kemerdekaan, dimana setiap kejadian masa lalu bisa menjadi inspirasi ke depan.

“Semangat nasionalisme kita yang baru adalah, cita-cita menjadi lima besar dunia. Juga untuk melawan pembelahan,” tegasnya.

Itulah sebabnya, launching AMI dilakukan di Hotel Majapahit untuk mewarisi semangat kepahlawanan. Seperti diketahui, kemudian terjadi perobekan bendera merah putih biru menjadi bendera merah putih.

“Sengaja kita launching acara ini di Hotel Majapahit Surabaya karena ingin menghidupkan lagi semangat kepahlawanan untuk kader Partai Gelora,” jelasnya.

Jadi, tegas Anis Matta, Partai Gelora ingin membangun semangat nasionalisme baru karena Partai Gelora bukan hanya sekedar partai politik namun sebagai pelopor baru kebangkitan Indonesia.

“Jadi kita ingin mengambil makna dari semangat kepahlawanan Surabaya,” terangnya.

Anis juga menjelaskan bahwa AMI merupakan fitur paling penting di Partai Gelora. Sebab, dengan adanya AMI, kader itu menjadi tulang punggung partai dan negara.

Anis menjelaskan bahwa AMI menurutnya adalah untuk seluruh kader, baik yang mendaftar secara offline maupun online.

“Kalau untuk pengurus wadahnya adalah Akademi Pemimpin Indonesia yang saat ini ketuanya adalah orang Jawa Timur, Pak Hami (Hamy Wahyunianto, Ketua Bangpim DPN),” kata Anis.

Dalam launching tersebut, Anis Matta didampingi Sekretaris Jenderal Partai Gelora Indonesia Mahfuz Sidik, Bendahara Umum Achmad Rilyadi, Ketua Bidang Pengembangan Hamy Wahyunianto, Direktur AMI Coach Gunawan dan pengurus DPW Jawa Timur. Launching itu juga dihadiri oleh seluruh perwakilan kader Partai Gelora dari seluruh Indonesia.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *