Ketua DPN Partai Gelora: Penegakan Hukum Banyak yang Harus Dibenahi

  • Share
Ketua DPN Partai Gelora: Penegakan Hukum Banyak yang Harus Dibenahi

Urbantimes.id – Ketua Bidang Jaringan dan Kerjasama Antar Lembaga Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Gelora Indonesia, Ratu Ratna Damayani mengatakan bahwa penegakan hukum di Indonesia masih banyak yang harus dibenahi.

Hal tersebut ia sampaikan, ketika hadir dalam acara peluncuran buku Irman Gusman, Kamis 20 Mei 2021.

Alumni HMI asal Jawa Timur yang akrab disapa Mia itu, melihat persoalan hukum belum berjalan sebagaimana mestinya.

Hukum masih digunakan sebagai alat kepentingan politik. Seperti kasus yang terjadi pada Irman Gusman, adalah contoh nyata ketidak adilan hukum. Dimana penanganan hukum dapat didasarkan pada rasa suka tidak suka.

“Dengan buku Bang Irman Gusman. Kita disodorkan Informasi dan fakta bila penegakan hukum kita masih banyak yang harus dibenahi” ujar wanita mantan jurnalis ini.

Tapi, ia merespon positif cara yang dilakukan Irman Gusman dalam mencari keadilan hukum.

Eksaminasi yang dilakukan Irman Gusman adalah tradisi yang bagus dalam upaya hukum di Indonesia. Eksaminasi merupakan pengujian atau penilaian atas keputusan hakim.

Yang melakukan pengujian keputusan hakim tersebut adalah para pakar hukum di kampus ternama. Upaya eksaminasi Irman Gusman adalah langkah cerdas dan intelek.

“Eksaminasi ini bermanfaat bagi banyak orang. Ini akan menjadi amal jariah Bang Irman Gusman,” tutur wanita lulusan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini.

Mia berharap penegakan hukum dapat berjalan secara baik. Bila penegakan hukum berjalan baik, maka akan menciptakan keharmonisan kehidupan berbangsa.

Ia pun menginginkan hukum ditegakkan tanpa pandang bulu. “Jangan tumpul ke atas. Tapi tajam ke bawah,” tutup Mia. (pam)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *