Pengamat Politik : Pilkada Solo Sudah Selesai, Debat Hanya Gugurkan Kewajiban

  • Share
Pengamat Politik : Pilkada Solo Sudah Selesai, Debat Hanya Gugurkan Kewajiban

Urbantimes.id, SOLO – Pengamat Politik Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai pilkada Solo sudah selesai, debat publik calon hanya sekedar memenuhi aturan. Menurut Adi debat selanjutnya tidak menarik dinantikan karena pemenang pilkada Solo sudah jelas.

“Debat sebatas menggugurkan kewajiban regulatif,” kata Adi ketika dihubungi, Jumat malam, 6 November 2020.

Adi mengatakan sejak awal Pilkada Solo 2020 sudah selesai. Calon Wali Kota nomor urut 1 Gibran Rakabuming Raka, kata Adi, unggul telak dari rivalnya, Bagyo Wahyono.

“Pertarungan tak seimbang. Gibran nyaris tanpa perlawanan apa pun dari calon perseorangan. Dari semua penjuru arah mata angin Gibran unggul telak,” kata Adi.

Gibran adalah putra sulung Presiden Jokowi. Kader PDIP ini berpasangan dengan mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Solo Teguh Prakosa.

Sedangkan Bagyo Wahyono sering mengaku dirinya berasal dari kalangan bawah. Menurut Bagyo, ia hanya dari keluarga sederhana dan hanya memiliki ijazah SMA.

“Tepatnya ikut Kejar Paket C,” kata pria yang berprofesi sebagai penjahit di media nasional.

Menurut Bagyo keberhasilan mengumpulkan syarat dukungan pencalonan tidak lepas dari peran organisasi Tikus Pithi Hanata Baris. Dia mengklaim organisasi yang berdiri sejak 2014 itu memiliki banyak anggota dan tersebar di berbagai kota.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *