Strategi Bupati Puncak Jaya Atasi Gangguan Keamanan

  • Share
Strategi Bupati Puncak Jaya Atasi Gangguan Keamanan

URBANTIMES – Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda mengatakan, setiap pimpinan harus memiliki strategi atau kiat masing-masing dalam mengatasi gangguan keamanan di wilayahnya.

Beberapa tahun lalu Puncak Jaya pun mengalami gangguan keamanan yang dilakukan KKB, tapi sekarang sudah aman dan kelompok tersebut menerima berbagai program bantuan pembangunan yang dilaksanakan.

“Ada lima hal yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah keamanan di antaranya terus melakukan komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat dan lebih sering berada di daerah sehingga bila ada permasalahan dapat tertangani,” ucap Bupati Wonda di Jayapura, Papua, Jumat, 28 Mei 2021.

Baca juga: Konsisten Dukung Jokowi, Abdee Slank Diangkat Jadi Komisaris Telkom

Ia mengatakan, berbagai pendekatan harus terus dilakukan ke masyarakat sehingga akhirnya mereka memahami karena pembangunan sekarang sedang digalakkan juga dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pemimpin menurut Wonda, harus tahu apa kebutuhan dasar masyarakat seperti pendidikan dan kesehatan, selalu mendengar apa keluhan masyarakat dan selalu berada di tengah masyarakat.

“Dulu penanganan di Papua selalu melakukan pendekatan militeristik sehingga anak-anak menyaksikan sanak keluarga ditembak dan dibunuh,” kata Bupati Wonda menambahkan hal itu menjadi luka yang mendalam hingga kini masih membekas.

Selain pendekatannya yang diubah, orang Papua pun harus diberdayakan menurut UU No. 21 tahun 2001 dan jika hal itu benar-benar dilakukan maka dipercaya Papua dapat lebih maju.

“Seluruh elemen harus sinergi dan itu yang diterapkan di Puncak Jaya saat ini hingga situasi aman,” ucap Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda. (pam)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *