5 Penyebab Mengapa Video Channel Youtube Kamu Sepi Penonton

  • Share
5 Penyebab Mengapa Video Channel Youtube Kamu Sepi Penonton
5 Penyebab Mengapa Video Channel Youtube Kamu Sepi Penonton

urbantimes.id – Konten video yang sering diupload ke youtube saat ini banyak menjadi andalan bagi para pelaku bisnis di bidang pemasaran. Dengan daya tariknya yang lebih baik dibandingkan konten lain seperti tulisan, video dianggap sangat tepat untuk dipilih saat ini.

Bukti bahwa konten video sangat mendominasi pasar yaitu meningkatnya jumlah pemirsa dari platform YouTube setiap hari.

Meskipun memiliki daya pikat yang lebih besar, namun tidak semua pelaku bisnis mampu membuat konten video dibanjiri penonton.

Faktor kesalahan pembuatan video, dapat membuat video tidak menarik bagi penonton. Sekarang ada beberapa hal yang dapat menyebabkan konten video menjadi sepi penonton.

Durasi terlalu lama

Pertama, masalah konten video sunyi yaitu durasi yang terlalu lama. Seperti contohnya menulis, durasi video yang panjang dapat membuat penonton bosan dan kesal. Namun jika Anda benar-benar membuat film layar lebar, wajar jika durasi bisa mencapai 2-3 jam.

Akan tetapi jika Anda membuat video seputar tutorial, tips atau parodi, maka 10 menit dapat membuat audiens bosan.

Oleh sebab itu cobalah membuat video yang efektif dengan cara mengedit hal-hal yang tidak perlu setelah proses perekaman video.

Ingat bahwa video pendek namun banyak pemirsa akan lebih baik daripada video panjang namun tidak diinginkan.

Topik Kurang Menarik

Penonton yang juga manusia, tentu memiliki selera sendiri. Karena itu untuk bisa mendapatkan banyak pemirsa, Anda harus dapat menyesuaikan video Anda dengan selera pemirsa.

Cita rasa pemirsa ini dapat ditemukan dari beberapa topik yang memang sangat menarik. Rasa pemirsa dalam menonton video memang berubah seiring waktu.

Untuk dapat memperoleh topik yang sangat diminati oleh pemirsa, Anda dapat melihat dan mengamati beberapa video viral atau juga video paling populer yang tersedia di beberapa platform.

Target Market Salah

Hal lain yang bisa menyebabkan konten video menjadi kosong dari pemirsa yaitu kesalahan dalam mengatur target viewer. Sekarang ini ada banyak penikmat konten video ini dan bisa ditemukan dari berbagai kalangan.

Disinilah Anda yang ingin memperoleh banyak pemirsa harus menentukan target pemirsa. Pastikan Anda tidak salah menentukan target audiens ini. Sebab jika Anda melewatkan target, itu akan membuang-buang video yang Anda telah buat karena tidak ada yang tertarik.

Untuk menentukan target pemirsa video yang tepat, Anda bisa melihat dari kategori video yang Anda buat. Kategori video ini contohnya komedi, tutorial, ulasan, vlog, atau lainnya. Sekarang dari sini Anda mengejar audiens target Anda sesuai dengan kategori video yang akan dibuat.

Jadwal Posting Tidak konsisten

Anda yang ingin memperoleh banyak kunjungan dari penonton, Anda harus konsisten dalam memposting video. Video yang diposting dengan cara tidak terjadwal dan tidak konsisten bisa membuat pemirsa pindah ke saluran atau akun youtube lain.

Karena Anda harus rutin dalam menjadwalkan posting video, maka Anda dituntut harus kreatif dengan ide-ide baru untuk membuat video yang konsisten.

Karena tanpa kreativitas rasanya akan sulit untuk Anda supaya bisa secara konsisten membuat video. Bila Anda tidak konsisten, harapan Anda untuk mendapatkan audiens yang besar akan hilang.

Tidak ada promosi di media lain

Masalah lain yang dapat menyebabkan konten video sepi penonton adalah tidak adanya upaya untuk mempromosikannya konten Anda ke media lain.

Seperti halnya bisnis produk yang juga membutuhkan promosi, Anda sebagai seorang pembuat konten juga harus melakukan upaya yang sama untuk mendapatkan banyak pemirsa.

Untuk upaya promosi video ini ada banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti membagikan link tautan video ke media sosial atau ke media lain seperti instant messenger.

Semakin aktif Anda dalam mempromosikan video ke media online lainnya, semakin besar peluang Anda untuk memperoleh banyak pemirsa untuk video Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *