Anggota Komisi IV DPRD Jabar Berharap Citarum Harus Jadi Percontohan

  • Share
Anggota Komisi IV DPRD Jabar Berharap Citarum Harus Jadi Percontohan

Urbantimes.id – Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Daddy Rohanady berharap program Citarum Harum yang digagas pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dengan dukungan Peraturan Gubernur Jawa Barat No 28 Tahun 2019 dapat menjadi percontohan bagi daerah lain dalam hal penanggulangan sungai tercemar.

“Saya berharap Program Citarum Harum bisa menjadi contoh, contoh penanganan atau penanggulangan terhadap sungai-sungai yang tercemar yang ada di Indonesia,” ucap Daddy dikuti dari Antara.

Dirinya mencontohkan Gerakan Aksi Nyata Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan (PPK) Daerah Aliran Sungai Cilamaya di Bendungan Barugbug Karawang pun terinspirasi dari Program Citarum Harum.

“Jadi contoh yang paling nyata bahwa Program Citarum Harum ini dijadikan contoh untuk penanggulangan sungai tercemar ialah terkait program untuk penanganan atau penanggulangan pencemaran di Sungai Cilamaya,” tambahnya.

Politisi dari Praksi Gerindra Persatuan ini mengapresiasi Satuan Tugas Citarum Harum yang terus berusaha optimalkan dalam menjalankan program di saat pandemi Covid-19 dan adanya re-focusing anggaran.

“Kami tetap mengapresiasi kinerja satgas dalam menjalankan program-program Citarum Harum meskipun dari segi anggarannya tidak bisa maksimal karena ada re-focusing akibat Covid-19,” ucap Daddy.

Selain itu, Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Kasan Basari mengapresiasi peran serta dari masyarakat sekitar yang ikut andil dalam pelestarian DAS Citarum.

Menurut Kasan, peran serta masyarakat dapat dilihat dengan adanya inisiatif memilah sampah sampah di TPS setempat dan adanya inovasi di TPS dalam mengelola sampah yang berinovasi dengan melibatkan hewan pengirai seperti lalat dan larva khusus.

“Sehingga bisa mendapatkan nilai ekonomi lebih dari pengolahan sampah ini,” kata dia.

Kasan pun memberikan apresiasi atas sumbangsih beberapa perusahaan melalui CSR dalam pengadaan instalasi air bersih untuk program Citarum Harum yang bisa turut andil dalam menyejahterakan masyarakat sekitar dengan penyediaan air bersih. (Antara)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *