Jodoh Wasiat Bapak 2 Ditegur KPI, Ini Beberapa Adegan yang Disorot

  • Share
Jodoh Wasiat Bapak 2 Ditegur KPI, Ini Beberapa Adegan yang Disorot
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Urbantimes.id, Jakarta – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menjatuhkan sanksi teguran tertulis untuk sinetron Jodoh Wasiat Bapak 2 yang disiarkan oleh ANTV, Jumat, 23 April 2021.

Lewat siaran pers tertulis, KPI menyoroti sejumlah adegan sinetron dengan klasifikasi R13+ atau 13 tahun ke atas. Adegan yang disorot pada Jodoh Wasiat Bapak 2 dianggap berbau mistis.

Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo, menegaskan bahwa Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) KPI Pusat tahun 2012 telah merinci dengan jelas tentang penggolongan program siaran.

Untuk program siaran dengan klasifikasi R+ sudah sangat jelas aturannya dalam SPS pasal 37.

“Di antaranya ada larangan menampilkan muatan yang mendorong remaja percaya pada kekuatan paranormal, klenik, praktek spiritual magis, dan supranatural,” ujarnya.

P3 & SPS KPI 2012 ini, terang Mulyo, dibuat dengan semangat memberikan perlindungan pada anak-anak dan remaja.

Termasuk menjaga agar program siaran untuk remaja tidak menampilkan materi yang mengganggu perkembangan fisik dan psikis remaja, contohnya adegan mistis.

Dia mengingatkan, dalam menayangkan program siaran dengan klasifikasi R, selayaknya lembaga penyiaran mengedepankan konten dengan muatan nilai pendidikan dan pengetahuan, sosial budaya, dan budi pekerti.

P3 & SPS juga membuka ruang untuk adanya unsur hiburan dalam program siaran untuk remaja, tambahnya.

Mulyo berharap ada keseimbangan dengan dengan nilai lain, sehingga tayangan tersebut juga memberi manfaat bagi tumbuh kembang remaja dan membantu pemenuhan rasa ingin tahu remaja secara positif.

“Program ini sudah mendapatkan teguran tertulis. Pembenahan harus segera dilakukan, agar tidak terjadi peningkatan sanksi, jika ditemui adanya pelanggaran kembali,” demikian Mulyo.

Adegan yang menjadi sorotan Tim Pemantauan KPI

Tayang 4 April 2021

  • Adegan seorang pria yang melakukan ritual mempersembahkan darah tumbal agar dirinya dapat hidup selamanya.
  • Pukul 21.03 WIB: Adegan seorang wanita yang melakukan ritual pasang susuk di bagian dagu untuk membuat aura agar semua laki-laki terpikat pada dirinya.
  • Pukul 21.53 WIB:  Penampilan visualisasi hantu seorang wanita pada pukul 21.53 WIB.

Tayang 05 April 2021

Pukul 21.25 WIB, tim pemantauan KPI menemukan kembali visualisasi hantu seorang wanita berambut panjang dengan tubuh bolong di bagian punggung. Muatan serupa kembali muncul pada tanggal 05 April 2021 pukul 21.55 WIB dan tanggal 06 April 2021 pukul 21.17 WIB.

Tayang 30 Maret 2021

  • Pukul 21.18 WIB: Adegan seorang pria yang datang ke dukun untuk menggandakan uang dengan syarat membawa ayam cemani.
  • Pukul 21.25 WIB: Adegan seorang pria yang menjambak rambut istrinya, menyeret ke kamar mandi, dan menyiram tubuhnya dengan air karena kehamilan istrinya dianggap hasil hubungan dengan orang lain.

Data: Komisi Penyiaran Indonesia

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *