Wasekjend Partai Demokrat, Rifai Darus: Bangun Papua dengan Hati

  • Share

URBANTIMES.ID, JAKARTA – Otonomi Khusus menjadi kalimat kunci dalam pembahasan Talkshow dan Diskusi Media bersama para narasumber nasional seperti Billy Mambrasar, Sanusi Rahaningmas, Rifai Darus dan Ismai Suardi Wekke.

Masing-masing narasumber yang memiliki latar belakang yang berbeda ini mempunyai perspektif tersendiri terkait Otonomi Khusus dan Masa Depan Papua.

Adalah, ex Ketua Umum KNPI Rifai Darus mencoba menjelaskan bahwa untuk membangun Papua harus menggunakan hati. Apalagi jika berbicara Otsus yang menuai pro kontra. Banyak yang menganggap telah gagal sehingga tidak perlu dilanjutkan.

Namun, ada pula yang menilai belum gagal tetapi perlu dievaluasi dan dibuatkan regulasi agar penyalurannya dapat tepat sasaran.

Muhammad Rifai Darus adalah salah satu tokoh Papua yang menilai Otsus ini perlu ada evalusi. Ia menilai Otsus yang tujuannya kesejahteraan orang Papua memang banyak disalahgunakan untuk memperkaya diri sendiri atau kelompoknya.

Meski Ia mengkritisi penerapan Otsus, tetapi ia menilai elit-elit sudah banyak dijabat oleh anak-anak asli Papua.

“Para elit Papua saat ini sudah banyak dijabat oleh anak Papua asli, mari gunakan kekuatan untuk membicarakam kesejahteraan orang Papua,” ucapnya saat acara Talkshow & Diskusi Media secara daring yang bertajuk; Otsus & Masa Depan Papua, Minggu (29/11/2020) siang.

Eks Ketua DPP KNPI ini menambahkan bahwa undang-undang Otsus untuk orang Papua tidak berakhir, kecuali jika dicabut dengan menerbitkan Perpres. Yang berakhir di tahun 2021, adalah 2% dana alokasi umum dari pemerintah kepada Papua.

“Kedepan kita harus elaborasi UU Otsus dengan kreativitas dan inovasi dari para pimpinan daerah harus ditingkatkan. Saya menghimbau agar pemerintah daerah, mari bangun Papua dengan hati, bergerak dengan apa yang diprioritaskan. Karena itu amanah,” tegasnya.

Mantan Aktivis PMII ini pun melantunkan puisi “Masa lalu adalah sesuatu yg indah karena sudah dilewati, masa kini adalah sesuatu menarik karena sedang dirasakan, dan masa depan adalah sesuatu yg cerah karena tahu mau dibawa kemana,” tukas Wasekjend Partai Demokrat ini dengan santai.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *